3 Tokoh Penting Astronot di Dunia

Berbicara mengenai tentang luar angkasa tentu tidak akan habisnya, begitu juga dengan hal yang terjadi dengan para astronot, seorang awak kapal ruang angkasa yang ditugaskan untuk mengarungi luar angkasa sana. Bahkan bisa dibilang profesi ini sangat paling beresiko dalam pengerjaannya. Hal tersebut juga yang membuat biaya serta gaji untuk seorang astronot tidak terduga juga, oleh karenanya kita akan bahas deh siapa saja tokoh astronot terkenal di dunia. Yuk langsung aja disimak tokoh astronot dunia yang telah dirangkum dari berbagai media sumber ternama.

3 Tokoh Penting Astronot di Dunia

Yuri Gagarin

ia merupakan seorang tentara angkatan udara Uni Soviet pada tahun 1955, untuk pertama kalinya ia mendapatkan sebuah program untuk pergi ke luar Angkasa pada tahun 1961. Di tahun itu, ia terbang dengan menggunakan pesawat Vostok 1 dari Kosmodrom Baikonur. Gagarin sejatinya merupakan orang pertama yang bisa meraih luar angkasa serta membuat gebrakan proyek luar angkasa menjadi ramai. Hal ini menimbulkan fashion terbaru persaingan Uni Soviet dengan Amerika Serikat, bahkan saat ia pulang seolah-olah dianggap sebagai pahlawan saat pulang. Hingga kini ia telah mendapatkan berbagai macam penghargaan dari berbagai negara yakni sekitar ada 25 negara.

Neil Armstrong

Lahir di tahun 1930, di Wapakoneta, Ohio, AS, Armstrong lulus dari Universitas Purdue dan telah menjadi seorang anggota Komite Penasihat Nasional untuk Aeronautika sebelum menjadi astronot. Setelah program Mercury 7, NASA meluncurkan program Gemini. Pada 16 Juli 1969, Armstrong bersama “Buzz” Aldrin dan Michael Collins, menjadi astronot pertama yang berjalan di permukaan bulan (kecuali Michael Collins). Neil juga pernah ikut kedalam Perang Korea serta mampu meraih Medali Pelayanan Korea.

Alan Shepard

Di tengah terjadinya Perang Dingin, peluncuran Sputnik 1 Rusia pada 1957 mengagetkan sejumlah negara khususnya Amerika Serikat (AS). Sebagai respons hal itu, Presiden AS, Eisenhower, membentuk NASA dan merekrut astronot pertama mereka dari jajaran militer yakni Alan Bartlett Shepard Jr dalam proyek “Mercury Seven” pada 1959. Pada Mei 1961 ia membuat penerbangan pertama Proyek Mercury berawak, dalam penerbangan Freedom 7. Dahulu Ia menjadi orang kedua di dunia pada masanya, dan orang Amerika pertama yang telah melakukan perjalanan di luar angkasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *