Apa Itu Rasi Bintang

Apa Itu Rasi Bintang

Suatu rasi bintang atau konstelasi adalah sekelompok bintang yang nampak terkait membentuk suatu konfigurasi khusus. Dalam area tiga dimensi, umumnya bintang yang kami amati tidak punya pertalian satu bersama dengan lainnya, tapi bisa terlihat layaknya berkelompok pada bola langit malam. Manusia punya kebolehan yang amat tinggi didalam mengetahui pola dan selama sejarah telah mengelompokkan bintang-bintang yang nampak berdekatan menjadi rasi-rasi bintang.

Susunan rasi bintang yang tidak resmi, yakni yang dikenal luas oleh penduduk tapi tidak dianggap oleh para ahli astronomi atau Himpunan Astronomi Internasional, terhitung disebut asterisma. Bintang-bintang pada rasi bintang atau asterisma jarang yang membawa pertalian astrofisika; mereka cuma kebetulan saja nampak berdekatan di langit yang nampak dari Bumi dan umumnya terpisah amat jauh.

Mengenal Apa Itu Rasi Bintang

Apa Itu Rasi Bintang

Pengelompokan dari bintang-bintang menjadi rasi bintang sebetulnya lumayan acak, dan kebudayaan yang tidak serupa akan punya rasi bintang yang tidak serupa pula, sama sekali sebagian yang amat enteng dikenali umumnya sering kali ditemukan, jikalau Orion atau Scorpius. Himpunan Astronomi Internasional telah membagi langit menjadi 88 rasi bintang formal bersama dengan batas-batas yang jelas, sehingga tiap-tiap arah cuma dimiliki oleh satu rasi bintang saja.

Pada belahan bumi (hemisfer) utara, umumnya rasi bintangnya didasarkan pada rutinitas Yunani, yang diwariskan melalui Abad Pertengahan, dan punya kandungan simbol-simbol Zodiak. Beragam pola-pola lainnya yang tidak formal telah ada bersama bersama dengan rasi bintang dan disebut asterisma, layaknya Bajak ( juga dikenal di Amerika Serikat sebagai Big Dipper ) dan Little Dipper

Ursa Major

Ursa Major terdapat di langit utara. Dalam bahasa latin, Ursa Major punya makna “Beruang besar”. Ursa Major merupakan rasi bintang terbesar di langit utara dan terhitung rasi bintang terbesar ke-3 di langit. Nah, bintang-bintang yang paling terang pada Ursa Major membentuk asterisme biduk, suatu pola bintang yang paling dikenal di langit. Kalo kamu mencermati gambar di bawah, asterisme biduk terdiri dari empat bintang membentuk kotak dan sebagian bintang lain yang bentuknya menyerupai ekor.

Rasi bintang yang satu ini sebetulnya tenar di sebagian besar budaya dunia dan sering dikaitkan bersama dengan sejumlah mitos. Banyak dongeng dan legenda di semua dunia yang mengaitkan Ursa Major bersama dengan beruang. Nah, berdasarkan mitologi Yunani sendiri, sejarah Ursa Major amat menarik dan tentang bersama dengan rasi bintang yang lain, yakni Ursa Minor. Jadi, sebelum kami tau layaknya apa kisahnya, lanjut ke poin 2 dulu, ya! Hehehe…

Ursa Minor

Enggak jauh tidak serupa bersama dengan Ursa Major, Ursa Minor terhitung terdapat di langit utara. Ursa Minor umumnya berada di dekat Ursa Major. Rasi bintang yang satu ini punya bentuk yang nyaris mirip bersama dengan Ursa Major dan ini sudah dibuktikan oleh badan antarisa dan judi bola online yang memiliki fasilitas sbobet login. Hanya tidak serupa ukuran dan panjang ekornya aja. Ursa Minor berukuran lebih kecil dan ekornya jauh lebih panjang. Oleh gara-gara itu, Ursa Minor sering disebut sebagai “Beruang Kecil”.

Ursa Minor terhitung lumayan tenar gara-gara pada lapisan rasi bintangnya terkandung polaris, yakni bintang utara yang sering digunakan sebagai penunjuk arah bagi para pelaut. Polaris merupakan bintang yang paling terang di rasi ini. Jadi, untuk mendapatkan Ursa Minor, kami lumayan temukan polaris di ujung lapisan bintang yang membentuk ekornya aja. Kalo telah ketemu, sisa dari lapisan rasi bintang Ursa Minor bisa lebih enteng untuk ditemukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *