Lubang Hitam Luar Angkasa

Lubang Hitam Luar Angkasa

Pada dasarnya lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan kekuatan dari cahaya juga tidak bisa menembusnya. Beberapa teori ada yang mengatakan jika butuh massa besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada pada ruang waktu tersebut.

Lubang Hitam Luar Angkasa

Disekitaran lubang hitam tersebut terdapat cahaya hitam yang besar yang mana bisa menyerap apa saja yang terdapat disekitarnya. Semua yang diserapnya akan masuk kedalam lubang hitam tersebut dan tidak akan kembali lagi. Lubang hitam tersebut dapat menyerap apa saja yang ada di sekitarnya, bahkan dengan ukuran yang sangat besar sekalipun, dan tidak akan kembali lagi selamanya.

Teori medan kuantum yang terdapat dalam ruang-waktu medan melengkung menyatakan jika horizon peristiwa akan memancarkan radiasi di sekitarnya dengan suhu yang sangat terbatas. Massa yang ada tersbut berbanding terbalik dengan massa yang terdapat pada lubang hitam.

Sejarah Keberadaan Lubang Hitam

Pada mulanya keberadaan dari lubang hitam ini terjadinya dari proses dimana tingkat radiasi dan gravitasinya seimbang. Ketika bintang kehabisan bahan bakar untuk melakukan fusi, tingkat radiasi akan keluar dan akan semakin melemah dibandingkan dengan gaya gravitasi kedalam. Pada saat itulah bintang kemudian mengalami keruntuhan, lalu mengalami ledakan supernova. Dalam ledakan tersebut, akan terjadi dua kemungkinan yaitu bintang tersebut akan menjadi bintang katai putih ( White Dwarf ) atau akan menjadi Lubang HItam ( Black Hole ).

Lubang Hitam Luar Angkasa

Diyakini dan diprediksi jika lubang hitam akan dapat menghilang melalui proses Radiasi Hawking. Proses dimana secara sederhananya adalah pembongkaran pada setiap bagian perbagian dari Lubang Hitam. Sekama berjalannya dari waktu ke waktu membuat lubang hitam akan mengalami pengecilan dan semakin mengecil.

Hingga kemudian akan mengalami ledakan super besar, bahkan ribuan kali lebih besar dibandingkan dengan ledakan bom atom Horishima dan Ngasaki. Namun kejadian tersebut akan memakan waktu yang amat cukup lama. Sedangkan ukuran lubang hitam yang ada dari sejak lama hingga saat ini mempunyai ukuran yang amat besar. Bisa diyakini dan diperkirakan jika manusia tidak akan sempat menyaksikan peledakan lubang hitam tersbebut nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *