Planetarium Terpopuler Sedunia, 2 Diantaranya Di Indonesia!

Tau tidak kalau planetarium pernah penuh akibat melihat gerhana Blood Moon terpopuler sedunia? Kalau iya, lewat mana dan bagaimana kesan Anda? Anda yang tinggal di perkotaan dan melihat gerhana blood moon dari rumah Anda sendiri kemungkinan dapat kecewa. Polusi asap kendaraan dan pabrik yang memenuhi udara menutupi langit malam.

Karena tidak bisa menikmati gerhana bulan merah beberapa orang malah mengakses agen sbobet88 Sehingga tidak jarang ada mereka yang merindukan melihat langit malam yang cerah penuh bintang. Coba kunjungi planetarium atau observatorium. Daftar planetarium-planetarium terpopuler ini cocok menjadi area target bagi Anda yang senang melihat langit malam atau studi tentang astronomi.

Planetarium Terpopuler Sedunia 

Rasa penasaran tentang benda-benda di alam semesta ini konsisten muncul, sampai selanjutnya kata planetarium nampak di dalam pikiran. Tempat yang menarik untuk mencari jelas jawaban atas segala rasa penasaran dan juga area untuk liburan mencari hiburan yang patut dicoba. Berikut saya tampilkan daftar planetarium-planetarium paling baik di dunia yang wajib kami masukkan di dalam daftar area yang ingin kami kunjungi dan semoga di kelak kemudian hari bisa saya dan anda kunjungi. Kamu pun bisa melihat bagaimana rasi bintang di planetarium.

Observatorium Bosscha, Lembang, Indonesia

Observatorium ini merupakan salah satu area peneropongan bintang tertua di Indonesia. Berlokasi di Lembang, area ini berada di ketingginan 1310 mtr. di atas permukaan laut, supaya dari tempatnya saja, memungkinkan untuk melihat langit malam.

Nagoya City Science Museum, Nagoya, Jepang

Keunikan dari planetarium ini ialah dua tehnik di dalam memproyeksikan gambar angkasa, yakni dengan Optical planetarium dan Digital planetarium. Teknik optical manfaatkan serat optik dan proyektor, sedang tehnik digital dengan Sky Max DSII yang memproses komputerisasi bintang-bintang di semua bagian di dalam kubah.

Planetarium Negara, Kuala Lumpur, Malaysia

Terletak di atas bukit di Lake Gardens, lokasi planetarium ini memiliki luas sebesar 11.000 m. Salah satu atraksi paling terkenal adalah teater angkasa yang memperlihatkan gambar dari luar angkasa di dalam format besar. Planetarium Negara juga ditambah dengan taman hiburan dimana replika observatori kuno disimpan.

Birla Planetarium, Kolkata, India

Planetarium yang bangunannya terinspirasi dari stupa Buddha, Sanchi, merupakan planetarium terbesar di Asia. Birla Planetarium memiliki laboratorium elektronik untuk desain dan rancangan peralatan sains. Selain itu, planetarium ini ditambah galeri astronomi area menaruh koleksi lukisan dan style selestial astronomer-astronomer terbaik.

Science Centre Singapore, Singapura

Merupakan lokasi institusi sains yang terdapat di Jurong East, Singapura. Tempat ini merupakan area pendidikan dan tekhnologi paling terkenal. Dibangun 27 tahun lalu, Science Centre Singapore juga ditambah fasilitas pameran seluas 20.000 m.

Planetarium dan Observatorium, Jakarta, Indonesia

Selain melihat langit, Planetarium dan Observatorium Jakarta juga memutar film-film bertema astronomi pada jadwal-jadwal tertentu. Tanggal 4 April lalu, Planetarium mengadakan acara lihat gerhana bulan bersama. Planetarium yang berlokasi di Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta ini pernah ditutup selama 2 tahun untuk renovasi. Tahun lalu, area ini dibuka lagi dengan teknologi yang lebih canggih. Anda bisa menikmati langit malam lewat perkotaan Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *